7 Tips Anti Bosan Di Rumah Ketika Pandemi Covid-19


Kasus virus corona atau covid19  menyebar dengan begitu  cepat, terbukti sudah lebih dari 100 negara yang sudah terjangkit  kasus ini, salah satunya negara Indonesia, pandemi virus corona memasuki negara Indonesia terjadi pada awal  bulan maret . Berawal dari dua  kasus covid19 ini berlanjut hingga hari ini. pada tanggal 4 April 2020 dengan total 2092 kasus yang mengakibatakan 191 orang meninggal dunia, 150 sembuh, kasus tersebut menyebar di 32 provinsi dari total 34 provinsi di Indonesia. Dengan banyak nya kasus tersebut ada beberapa wilayah yang melakukan local lockdown atau karantina wilayah meski presiden tidak menganjurkannya diantaranya adalah Tegal, Tasikmalaya, Medan, Papua, Bali, Solo, Maluku, Aceh. Wilayah –wilayah yang akan melakukan local lock down harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, seperti yang dilakukan ole gubernur  jakarta Anis Baswedan walaupun permintaan tersebut ditolak oleh pemerintah pusat.

Kendati demikian, banyak daerah yang akhirnya harus membatasi aktivitas atau pergerakan diwilayahnya seperti sektor pendidikan diliburkan, kegitan wisata ditutup, dan begitu pula acara acara yang menimbulakn kerumunan waraga baik acara sosial, agama, maupun aliran tertentu ditiadakan.

Yang dianjukan oleh pemerintah sekarang adalah menerapkan social distanching dan  phsycal distancing, oleh karena itu segala aktivitas apabila bisa dikerjakan di rumah maka harus kita kerjakan di dalam rumah mulai WHF ( work from home), SFH(Study from home), hingga PAH(Pray at home). Anjuran untuk stay at home terkesan asyik dan enak karena bisa dilakukan di dalam rumah sendiri, bisa bekerja atau belajar sambil mengerjakan aktivitas lain, seiring dengan berjalannya waktu kita merasa bosan dengan aktivitas tersebut aplagi yang tidak terbiasa yang melakukan aktivitas tersebut di rumah. Ada bebrapa tips yang bisa dilakukan ketika stay at home diantaranya adalah

1. Berolahraga
Salah satu aktivitas agar di rumah tidak terasa bosan adalah dengan melakukan olehraga. Berolahraga merupakan aktivitas yang ringan tetapi meiliki banyak manfaat salah satunya dalah menjaga imunitas yang sangat berguna ketika ada pandemi covid19. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan dirumah adalah yoga, naik turun tangga, hula hoop, aerobik, lompat tali dan lain sebagainya.

2. Bersih bersih dan menata ulang ruangan di rumah
Dengan adanya covid 19 semua masyarakat harus menerapkan pola hidup sehata, mulai dari kita sendiri dengan rajin bercuci tangan , dan tak kalah penting adalah lingkungna rumah kita harus bersih. Ini adalah kesempatan besar bagi orang-orang yang sibuk melakukan aktivitas diluar rumah untuk bisa melakukan kegiatan bersih bersih rumah sekaligus menata ulang ruangan dirumah agar tidak merasa bosan.

3. Belajar memasak
Kesempatan besar bagi orang yang belum bisa memasak dan orang yang ingin belajar memasak tetapi waktu untk belajar masaka hampir tidak ada karena harus bekerja diluar rumah. Memasak ternyata bisa membuat mood menjadi lebih baik, bayangkan kita mengolah bahan bahan dengan sesuka hari kita lalu menikmati hasil masakan kita sendiri, itu merupakan hal yang luar biasa yang harus dicoba.

4. Membaca buku
Buku merupakan jendela dunia, dengan buku kita tau isinya dunia. Namun, kegitan tersebut ternyata menjadi terasa membosankan bagi semua orang. Dijaman yang canggih ini membaca buku tak hanya di perpustakaan dan di ruamg baca, membaca buku bisa dimanapun  kapan pun karena sekarang sudah ada e-book dan ipusnas yang bisa diakses dengan smartphon milik kita. Dengan demikian walaupun kita berada di rumah kita bisa meng- upgrade pengetahuan dengan buku yang kita baca

5. Mengasah dan belajar skill baru
Banyak skill  yang selama ini kita punya tetapi hanya menjadi bakat terpendam, sekarang inilah saatnya kita meng upgrade diri kita di rumah. Untuk para siswa maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di luar negeri disaat ini lah kamu bisa mengasah kemampuan bahasa inggris kamu, pada saat ini pemerintah memberikan akses belajar gratis seperti skill academy by ruang guru, bahasoo dan lain sebagainya.

6. Quality time dengan keluarga
Berkumpul dengan keluarga merupakan hal yang sangat menyenagkan, suatu aktivitas yang jarang sekali dilakukan para orang tua yang sibuk denagn pekerjaanya. Sekarang ini lah waktu yang tepat untuk kembali bercengkrama dengan keluarga.

7. Bergotong royong membantu memutus tali rantai covid19.
Bergotong adalah bekerja bersama-sama untuk mencapai sesuatu, dalam hal ini kita bisa bersama sama membantu pemerintah dalam menangani pandemi covid19 dengan menerapkan social distancing, physcal distanching, bahkan sampai ada anjuran dari beberapa pemerintah untuk tidak mudik terlebih dahulu.  mengingat kini akan memasuki bulan nan agung umat islam, bulan suci Ramadhan. Walaupun ada yang memutuskan untuk pulang ke kampung halaman ia harus berstatus ODP dan diisolasi ujar pemerintah pusat,  kendati demikian pemerintah belum melarang secara resmi untuk masalah mudik.

Bergotong royong dalam hal lain adalah dengan cara membantu memberikan APD atau alat pelindung diri merupakan hal yang sangat penting guna mencegah kontak langsung para tenaga medis dengan para pasienpositif covid19, beberapa waktu  lalu sempat viral bahwasannya para tenaga medis menggunakan APD dengan  jas hujan, hal tersebut dikarenakan keterbatasan APD yang diberikan oleh pemerintah, yang membuat para tenaga medis secara terpakasa menggunakan jas hujan. Hal ini sontak menjadi perbincangan masyarakat, karena khawatir akan keselamatan para tenaga medis, karena keselamatan adalah hal utama yang harus di pikirkan, jika nantinya para tenaga medis tertular karena APD yang sangat terbatas maka, siapa yang akan menagani kasus covid 19 di Indonesia. Itu merupakan hal yang sangat mengerikan bagi kita semua, oleh sebab itu mulai dari kalangan para artis, pengusaha berlomba-lomba menggalang dana untuk membantu memebrikan alat pelindung diri,masker, sarung tangan, disinfektan. Tidak hanya para artis dan pengusaha saja yang membantu. Organisasi IMM KOM. FIP bidang SPM ( sosial pemberdayaan masyarakat) pun turun ikut tanggap dalam menggalang dana

  Itulah tips stay at home semoga bermanfaat dan membuat kamu betah dirumah. Tetap jaga kesehatan dan kebersihan, Jangan lupa cuci tangan dan memakai masker. Tetap stay at home untuk memutus rantai virus corona.  Semoga dengan adanya pandemi ini kita kita bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita terhadap sang maha pencipta segala sesuatu, semoga kita semua dalam lindungan Allah SWT.

Oleh : Nurul Umrotullatifah
(Kader IMM FIP UMJ)



Bagi yang ingin menyalurkan dana atau berdonasi melalui IMM TANGGAP BENCANA, dapat disalurkan melalui:
Transfer Rek. BRI 483101014561536
A/N RAHMA SONIA
Bantuan tersebut akan disalurkan untuk membeli apd, masker, dan handsanitizer.
  Cp +6288213107856(Pia)
  Cp +6285654594015(Rahma)  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Karena Ikatan Membuat Aku Dan Kamu Menjadi Kita”

Bersama Allah Aku Tak Lagi Mengenal Kata Bersedih

Memahami Perempuan: Tak Segampang itu