Kuliah Skuuuy, Organisasi Gaskeun

Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah  Fakultas Ilmu Pendidikan telah melaksanakan kajian (7/11/2020) dengan tema "Kuliah Skuuuy, Organisasi gaskeun" yang dikupas tuntas oleh Pemateri Ayunda IMMawati Nur Asiah S.Pd. Kajian ini diikuti oleh peserta dari berbagai Fakultas di Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan kurang lebih 50 peserta berlangsung dengan lancar di lakukan secara virtual dalam ruang zoom.  

Materi yang disampaikan tentunya sangat menarik dan bermanfaat sehingga menguatkan para mahasiswa untuk mampu terbuka antara kuliah dan organisasi, yang terkadang masih ragu sehingga memiliki mindset "takut nanti urusan kuliah malah terbengkalai" atau alasan "takut nanti ngga bisa bagi waktu antara kuliah dan organisasi" padahal dengan berorganisasi, kita sebagai mahasiswa harus mampu mengambil action lebih karena mahasiswa adalah agent of change yaitu sebagai agen perubahan yang memiliki makna pemegang peranan yang sangat penting sebagai pelopor perubahan ke perubahan yang lebih baik. 

Perlu di ketahui bahwa manfaat yang akan di dapat dari kuliah sambil berorganisasi adalah pertama, mendapat banyak relasi karena teman kita tidak hanya dari teman sekelas atau dalam fakultas saja melainkan bisa memiliki relasi dengan antar fakultas, petinggi kampus bahkan petinggi negara sekalipun. Kedua, mendapat wawasan yaitu bukan hanya ilmu akademik saja yang kita dapat melainkan saat diskusi mengalir pun bisa saling bertukar argumen dan pengetahuan, hal ini tentu sangat jelas akan menambah wawasan kita. Ketiga, melatih leadership, disinilah kepemimpinan kita akan terlatih dan terbentuk bagaimana memimpin diri bahkan memimpin banyak orang, melatih kedisiplinan bahkan melatih keberanian. Keempat, meningkatkan kemampuan komunikasi, yaitu cara komunikasi yang baik akan menghadirkan wibawa yang baik dari dalam diri, kelima, belajar mengatur waktu, disinilah waktu yang tepat bagaimana mengatur waktu diantara kesibukan kuliah dan organisasi sehingga akan terbiasa menggunakan waktu dengan baik, keenam, public speaking yaitu akan melatih keberanian dan tingkat percaya diri kita akan terbentuk secara seimbang semisal ketika presentasi dalam ruang kelas akan terbiasa atau ketika berbicara di depan banyak orang ketika dipilih menjadi ketua pelaksana akan jelas terlatih dan memiliki percaya diri yang kuat.

Diantara manfaat yang telah dijelaskan tersebut, semuanya akan didapat ketika kita berani mengambil langkah yang berbeda yaitu kuliah sambil berorganisasi. Merasakan ketakutan memang wajar, tapi percayalah apapun yang kita lakukan akan ada nilai, wawasan dan pengalaman yang kita dapatkan. Untuk menghilangkan ketakutan dan keraguan antara kuliah dan beroganisasi maka kita sebagai mahasiswa harus mengatur langkah-langkah supaya tidak terjadi apa yang menjadi ketakutan yaitu dengan cermati jadwal kuliah kemudian seimbangkan/atur jadwal kuliah, buat target dan realisasikan target. Semuanya saling berkaitan dan akan menjadi cara yang baik dalam menghilangkan ketakutan sekaligus menambah potensi diri untuk lebih berpikir dewasa dan memiliki nalar yang kritis.

Jadi tak ada lagi hal yang perlu di takuti bahkan di ragukan karena kuliah dan organisasi mampu menjadikan diri kita sebagai mahasiswa yang berprestasi dan memiliki potensi salah satunya dalam akademik. Karena "bukan yang paling pintar dan kuat  tapi yang akan mampu bertahan hidup adalah mereka yang responsif terhadap perubahan" (Charles Darwin). Maka jemputlah perubahan yang lebih baik dengan cara baik.

Penulis Nur Intan Fitriani (Sekbid RPK PK IMM FIP UMJ) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Karena Ikatan Membuat Aku Dan Kamu Menjadi Kita”

Bersama Allah Aku Tak Lagi Mengenal Kata Bersedih

Memahami Perempuan: Tak Segampang itu