SUDAHKAH KAMU MENGENAL ISLAM ?

oleh Kakanda Immawan Muhammad Rizky Cahaya Putra
          
       Jadi bagaimana sudah sejauh mana kamu mengenal islam lebih dekat? Apakah kamu cinta dengan agamamu?  ketika berbicara tentang kata cinta karna ketika cinta itu sudah muncul pasti kita akan mencari dan mengenal juga secara lebih dalam dengan keingin tahuan kita sendri. Dalam mengenal islam secara lebih dalam kita harus mengetahui pengertian kata islam itu sendiri dan secara istilah. Secara umum, Islam adalah agama samawi yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad yang merupakan Rasul utusan-Nya dan Allah menjadikan Islam sebagai agama yang Rahmatal lil’aalamiiin (rahmat bagi seluruh alam). Di dalamnya terdapat aturan dan hukum yang dapat digunakan sebagai pedoman dan pegangan hidup bagi seluruh umat agar selamat, baik di dunia dan akhirat. Sedangkan dari segi bahasa, kata “Islam” berasal dari bahasa Arab yaitu dari “sallama” yang berarti selamat, sentosa dan sejahtera. Merupakan bentuk masdar dari kata “aslama” yang berarti berserah diri, taat, patuh dan tunduk. Yang maknanya pengertian Islam adalah agama yang senantiasa membawa keselamatan dan kesejahteraan kepada manusia dengan cara menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT. Dikemukakan bahwa apa itu agama islam? Nabi Muhammad SAW. Menjawab pertanyaan Sayyidina Umar mengenai apa itu Islam, beliau menjawab Islam adalah “bahwa engkau mengakui tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Dan engkau mendirikan sholat, dan mengeluarkan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan. Dan engkau mengerjakan ibadah haji di Baitullah jika sanggup melakukannya”.
Dan kita sebagai umat islam harus mengeahui dari mana asal muasal kata islam apakah sejak dahulu sudah ada kata agama islam? Berbicara tentang asal usul agama Islam, tidak dapat hanya dengan mengaitkannya dengan kehidupan Nabi Muhammad Saw. Peristiwa turunnya wahyu pertama kali, kepada Nabi Muhammad Saw., di Gua Hira, bukanlah awal dari munculnya agama Islam. Dalam kajian Cak Nun dan Kiai Kanjeng dijelaskan, bahwa peristiwa tersebut bukanlah awal dari munculnya agama Islam, melainkan awal dari kesempurnaan Islam. Hal itu merupakan penjelasan yang sangat masuk akal, karena nabi – nabi dan rasul – rasul sebelumnya, bukan berarti tidak Islam. Pun Rasulullah Saw. bukan berarti tidak Islam sebelum menerima wahyunya. Padahal Rasulullah Saw sebelumnya, sudah menjadi manusia yang kamil, manusia yang sempurna. Allah juga tidak mungkin menciptakan sesuatu yang sifatnya tidak Islam. Maka Islam berlangsung, baik di bumi, di langit, maupun di antaranya. Segalanya. Islam bukanlah benda, melainkan perilaku. Perilaku agar selamat di depan Allah.
Sebagai umat muslim di Indonesia juga harus engetahui akan awal mulanya agama islam masuk ke Indonesia Adanya proses masuknya islam ke Indonesia memunculkan beberapa pendapat. Diantaranya para tokoh ada yang langsung mengetahui masuk dan tersebarnya budaya dan ajaran agama islam di Indonesia, ada pula yang melalui berbagai penelitian. Diantara tokoh-tokoh itu adalah Marcopolo, Muhammad Ghor, Ibnu Bathuthah, Dego Lopez de Sequeira, Sir Richard Wainsted. Masuknya Islam di Indonesia Abad ke 7 masehi. Sejarah masuknya islam ke Indonesia dimulai pada abad ke 7 masehi, berdasarkan para pedagang arab yang berdatangan. Dikaitkan dengan argument bahwa sejarah masuknya islam di Indonesia terjadi saat kerajaan Sriwijaya tepat pada abad ke 7 masehi. Wilayah yang dijamah oleh pedagang arab untuk menyebarkan islam di Indonesia adalah pulau Sumatra bagian Samudra Pasai, yang dimulai dari selat malaka lalu pulau jawa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Karena Ikatan Membuat Aku Dan Kamu Menjadi Kita”

Bersama Allah Aku Tak Lagi Mengenal Kata Bersedih

Memahami Perempuan: Tak Segampang itu