KAJIAN HIMPUNAN PUTUSAN TARJIH MUHAMMADIYAH oleh Ustadz Adi Mansah, Lc., MA.


KAJIAN HIMPUNAN PUTUSAN TARJIH MUHAMMADIYAH
TEMA : *Thoharah*
Subtema : wudhu dan tata cara berwudhu
Pemateri : Ustadz Adi Mansah, Lc., MA.

Thoharoh menurut bahasa berasal dari kata طهر (Thohur), artinya  bersuci atau bersih. Menurut istilah adalah bersuci dari hadas, baik hadas besar maupun hadas kecil dan bersuci dari najis yang meliputi badan, pakaian, tempat, dan benda-benda yang terbawa di badan.
Adapun salah satu dalil dalam Al-Qur'an terdapat dalam surat Al - Maidah : 6

Artinya :
"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan sholat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur." (QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 6)
Dalil di atas merupakan anjuran bagi kita sebagai ummat Islam untuk berwudhu. Adapun tata cara( Kaifatul wudhu) adalah sebagai berikut :
(1) Mengucapkan Bismillahirrohmanirrohiim Dengan mengikhlaskan niatnya karena Tuhan Allah
(2) Basuhlah telapak tangan mu tiga kali
(3) Gosoklah gigimu dengan kayu arak atau sesamanya (bisa dengan sikat gigi ataupun dengan jari)
(4) Kemudian berkumurlah dan isaplah air dari telapak tangan sebelah dan berkumurlah ( dilakukan sebanyak 3 kali), sempurnakanlah dalam berkumur dan mengisap air itu, apabila kamu sedang tidak berpuasa.
(5) Basuhlah mukamu (dilakukan sebanyak 3 kali) dengan mengusap dua sudut matamu, dan lebihkanlah membasuh nya(agar dalam membasuh harus terkena air) dengan digosok,  dan sela-selailah janggutmu
(6) Basuhlah (cucilah) kedua tanganmu beserta kedua sikumu(digosok sebanyak 3 kali) dan sela - selailah jarimu dengan melebihkan membasuh kedua tanganmu(agar dalam membasuh haurs terkena air) mulai dari tangan kanan
(7) Usaplah kepalamu atau ubun-ubunmu dan atas surbanmu (dengan menjalankan kedua telapak tangan dari ujung muka kepala hingga tengkuk dan dikembalikan lagi pada permulaan
(8) Kemudian usaplah telingamu sebelah luarnya dengan dua ibu jari dan sebelah dalamnya dengan kedua telunjuk
(9) Basuhlah kedua kakimu beserta kedua mata kaki(dengan digosok 3 kali) dan sela - selailah jari -  jari kakimu dengan melebihkan membasuh keduanya (mulai lah dari sebelah kanan) dan sempurnakanlah membasuh kedua kaki itu.
Kemudian ucapkan : " Asyhadu alla - ilaaha illallah wahdahu laa syariikalah, wa asyhadu anna Muhammadan 'abduhu warosuuluh"
Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca dan mampu mengamalkannya aamiin
#FASTHABIQULKHAIRAT
#TKIIMMFIPUMJ 😊♥️

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Karena Ikatan Membuat Aku Dan Kamu Menjadi Kita”

Bersama Allah Aku Tak Lagi Mengenal Kata Bersedih

Memahami Perempuan: Tak Segampang itu