Implementasi Literasi Data Teknologi dan Manusia era Pandemi Covid-19

Oleh: Nisa Septiana

Dunia dibuat panik dengan mewabahnya sebuah virus yang dengan cepat menular antara orang satu dengan yang lainnya. Virus ini berhasil merenggut jutaan jiwa hanya dalam kurun waktu dua tahun. Perasaan cemas dan khawatir tak lekang dirasakan oleh manusia di seluruh penjuru dunia. Berbagai usaha serta upaya sudah dilakukan guna memutus penyebaran virus yang kian meningkat. 
Corona Virus Disease 2019 atau yang lebih dikenal dengan Covid-19 merupakan sebuah virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Virus ini masih berkaitan erat dengan penyebab SARS dan MERS yang juga sempat menggemparkan beberapa tahun lalu.
Banyak aspek dibuat kacau dengan hadirnya virus ini, tak terkecuali aspek pendidikan. Tingginya penularan akibat droplet, menyebabkan pemerintah membuat kebijakan untuk melakukan pembelajaran dari rumah atau yang biasa disebut dengan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Kebijakan ini juga didukung dengan berkembangnya Era Revolusi Industri 4.0 yang dimana internet dan teknologi berkembang secara pesat. 
Pada suatu waktu, saya diberi kesempatan untuk mewawancari seorang guru sekolah dasar selaku narasumber yang bertempat di Kota Tangerang Selatan terkait dengan Implementasi Literasi Data Teknologi dan Manusia pada era Pandemi Covid-19. 
Beliau cukup banyak membagikan kisahnya kepada saya. Berawal saat Indonesia serempak untuk melakukan PJJ, disana pula banyak guru yang kesulitan akan media pembelajaran yang harus mereka gunakan. Berbagai keluh dan kesah datang silih berganti, mulai dari jaringan internet, kuota, hingga minimnya pengetahuan tentang teknologi.
Pada awalnya, mereka hanya menggunakan aplikasi Whatsapp sebagai media komunikasi antara guru dan murid sebelum mulai merambah menggunakan Zoom, Google Meet, Google Classroom, hingga Google Form. Sampai akhirnya, mereka mulai terbiasa menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran setiap harinya. Aplikasi yang digunakan pun lebih beragam, seperti Quizziz, dan Kahoot sebagai media penugasan serta Canva sebagai media pembelajaran.

DAFTAR PUSTAKA

Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(5), 395-402.
Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 217-226.
Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3), 227-238

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Karena Ikatan Membuat Aku Dan Kamu Menjadi Kita”

Memahami Perempuan: Tak Segampang itu

PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF K.H. AHMAD DAHLAN